Tuesday, July 12, 2011

Beberapa Contoh Keadaan Dalam Interview

Cara termudah untuk mebangun kepercayaan diri sebelum melakukan interview pekerjaan adalah untuk mempersiapkan jawaban – jawaban dari eprtanyaan yang mungkin ditanyakan pada anda. Apapun pekerjaan yang anda inginkan, berikut ini adalah 6 pertanyaan dasar yang digunakan untuk menilai pelamar berikut dengan jawaban – jawaban yang mungkin da pat membantu anda memenangkan pekerjaan.

”Apakah kelebihan dan kekurangan anda?”
Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan, cara pewawancara menanyakannya secara tidak langsung adalah, “Apa yang disarankan oleh atasan terdahulu anda untuk peningkatan pada review anda yang terbaru?”
Jawablah dengan mengatakan skill yang sekiranya menguntungkan perusahaan yang akan anda masuki. Sedangkan untuk kekurangan, sebutkan kekurangan anda dengan singkat, jangan jelaskan secara panjang lebar. Pada bagian ini, anda dihrapkan lebih banyak membahas mengenai usaha anda untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

”Mengapa anda meninggalkan pekerjaan anda sebelumnya?”
Jawablah yang jujur dan singkat, ingat, janganlah menceritakan  secara mendetail mengenai kekurangan perusahaan sebelumnya, apalagi mengeluh mengenai pekerjaan sebelumnya.

Bisakah anda menggambarkan situasi kerja anda, dimana anda...?”
Pertanyaan ini biasanya diajukan untuk mengetahui sikap anda dalam bekerja. Biasanya muncul dalam situasi deadlock dalam negosiasi, masalah dengan teman sekerja, mengerjakan beberapa pekerjaan di saat bersamaan.

Cara menjawab nya adalah dengan menggambarkan skill khusus (yang tidak semua orang miliki) tertentu yang anda miliki lalu gambarkan cara anda memecahkan masalah dengan skill anda itu.

”Apakah lingkungan kerja anda yang paling ideal?

Pertanyaan ini bukan mengacu pada lingkungan kerja secara fisik, tapi lebih pada manajemen, pembagian tugas, dan hal non fisik lain. Pertanyaan ini mengacu pada kebiasaan kerja anda dan fleksibilitas anda dalam bekerja.

Jawablah dengan mengemukakan seberapa fleksibel anda, kemampuan anda dalam mengagendakan kerja dan kreatifitas anda. Anda tetap bisa fleksibel namun haruslah mematuhi jadwal dan memiliki kreatifitas yang cukup sesuai dengan bidang pekerjaan.

”Bagaimanakah cara anda menghadapi kesalahan?

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahu kedewasaan anda dalam memanggul tanggung jawab dan memperbaiki diri.
Jawablah dengan mengemukakan permasalahan sulit yang tidak semua orang dapat menyelesaikan di masa lalu yang dapat anda selesaikan dengan baik.

”Apakah pencapaian anda yang paling besar?”

Kemampuan anda untuk menyebutkan pencapaian di masa lalu akan membantu anda merumuskan pencapaian untuk masa depan itu adalah tiket untuk keberhasilan.

Pikirkan tiga atau empat pencapaian dan sejauh mana masing – masing pencapaian berarti bagi penegmbangan diri anda secara pribadi, dan yang terpenting pengaruhnya bagi perusahaan.

No comments:

Post a Comment